TNI

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Redaksi
×

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2023, Kodim 0822 Bondowoso yang digelar di Makodim Jl. Letnan Sutarman No.06 Bondowoso, Minggu (1/10/2023).

Dalam upacara hari kesaktian Pancasila bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta., M.Tr.Hanla., diwakili Kasdim Mayor Inf Tanuri, Komandan Upacara Kapten Inf Basuki Rahmad yang diikuti para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Kodim 0822.

BACA JUGA :
Bentuk Peduli Sebagai Pimpinan, Danramil 12/Sukosari Bondowoso Berikan Bingkisan Lebaran Pada Anggotanya

Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dibacakan pembacaan teks Pancasila, UUD tahun1945 dan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Kasdim 0822 selaku, selaku Irup pada Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini menyempatkan diri untuk menyampaikan arahan diantaranya mengajak seluruh peserta upacara terus mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965, dimana rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Idiologi Pancasila dari rongrongannya dengan menumpas keganasan dan kekejaman G30 S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang pada peristiwa itu membuat gugurnya 7 pahlawan Revolusi.

BACA JUGA :
Serka Lugito Babinsa 0822/04 Gebang Lakukan Pendampingan Panen Padi

“Sejarah ini penting untuk dikenang agar menggelora semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA :
Babinsa Tlogosari Melaksanakan Komsos dengan Komponen Masyarakat

“Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini semua elemen masyarakat menyadari betapa penting Pancasila ini untuk senantiasa dijadikan pedomani, dijadikan acuan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, karena sudah jelas bahwa melalui Pancasila ini lah yang kita sepakati menjadi dasar negara yang dimulai oleh kesepakatan para pemimpin-pemimpin kita terdahulu,” tambahnya. (Pendim0822).