TNI

Dankogartap III/Surabaya Pimpin Ziarah Nasional Di TMP 10 November Surabaya

Redaksi
×

Dankogartap III/Surabaya Pimpin Ziarah Nasional Di TMP 10 November Surabaya

Sebarkan artikel ini

Surabaya, PORTALBANGSA.CO.ID – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-78, unsur TNI dan Polri di wilayah Surabaya menggelar Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan 10 November Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Rabu (4/10/2023).

Acara Ziarah Nasional itu berlangsung khidmat. Diawali laporan penanggungjawab ziarah, mengheningkan cipta, peletakkan karangan bunga, penghormatan pada arwah para Pahlawan, pembacaan doa, dan diakhiri tabur bunga di pusara para Pahlawan.

Pada kesempatan itu, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. Pangdam V/Brawijaya sekaligus selaku Dankogartap III/Surabaya memimpin upacara Ziarah Nasional, dalam amanatnya mengatakan, bahwa ziarah ini sebagai bentuk penghormatan seluruh prajurit TNI serta Polri kepada para Pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA :
Keluarga Besar Kodim 0822 Bondowoso Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H

“Ini adalah bagian dari rangkaian Peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 yang selalu kita rayakan dan di Taman Makam Pahlawan ini, kita berdoa dan mengenang arti pengorbanan yang telah diberikan oleh para pendahulu kita kepada nagara dan bangsa yang wajib kita jadikan tauladan sebagai generasi muda dan penerus perjuangan bangsa,” ujar Mayjen TNI Farid.

BACA JUGA :
Ciptakan Semangat Baru, Komunitas Sego Anget Gelar Konsolidasi Pemenangan Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

Menurutnya, rangkaian ini penting untuk menjaga semangat mempertahankan kemerdekaan NKRI saat ini. “Tentu dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan Dharma Bakti kita dibidang masing-masing. Begitu juga kita sebagai TNI harus bekerja mempertahankan NKRI sesuai tugas pokok TNI” tambahnya.

Mewakili para panglima matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, Mayjen TNI Farid Makruf berharap, seluruh prajurit TNI agar tetap bisa bersinergi dengan Polri dalam mengawal pelaksanaan pertahanan dan keamanan negara dengan lebih profesional, modern, dan tangguh.

BACA JUGA :
Polisi Tetapkan Tersangka Ferry Irawan Kasus KDRT

“NKRI harga mati sampai kapanpun dengan titik darah penghabisan, kita wajib menjaga keutuhan negara dan bangsa sejengkal tanah adalah taruhannya nyawa, seperti para Pahlawan pendahulu kita dimana kita berdoa di sini,” tambahnya.

Rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI akan berlangsung hingga kamis, 5 Oktober 2023 di mana puncak peringatan HUT TNI di wilayah Jawa Timur akan dipusatkan di Markas Komando Armada II Dermaga Ujung Surabaya. Dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.