TNI

Guna Menjaga Swasembada Pangan Babinsa Tanggap Ikut Menanam Padi Di Desa Binaan

Editor PB
×

Guna Menjaga Swasembada Pangan Babinsa Tanggap Ikut Menanam Padi Di Desa Binaan

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA. CO.ID – Sebagai salah satu upaya Menjaga Hanpangan, Babinsa Sumber Sari Koramil 0822/07 Bondowoso Sertu Agus Iriyanto melaksanakan ketahanan pangan dengan pendampingan kegiatan membantu tanam padi di lokasi sawah Pak H. Nur RT 9 RW 3 Dusun Ekapraja Desa Sumbersari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, Rabu (27/3/24).

Menyadari akan tugas pokoknya sebagai Babinsa, Sertu Agus selalu hadir dan peduli dengan situasi maupun kondisi kesulitan warga binaannya. Terlihat Babinsa Sertu Agus dan petani berada di tengah sawah. Sambil berinteraksi mereka menanam bibit padi unggulan guna mendapat hasil panen yang memuaskan.

BACA JUGA :
Pelayanan SKUKP Regident SIM Ditlantas Polda Jatim di Satpas Polres Bondowoso Memakai Pakaian Momentum Pejuang

Menurut Sertu Agus kegiatan ini guna meningkatkan semangat para petani demi menstabilkan produktifitas Pangan dan semakin termotivasi untuk terus meningkatkan tanaman padinya

Dengan penuh rasa semangat Babinsa juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan panen padi, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi. Saat ini yang sedang mereka lakukan adalah menanam padi di sawah, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani.

BACA JUGA :
Sambut HUT Persit KCK Ke-78 Tahun 2024, Persit Dim 0822 Gelar Doa Bersama

Pasiter Kodim 0822 Bondowoso Kapten Arm Yonaidi mengatakan, pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas sebagai aparatur kewilayahan, dengan membantu para petani dalam hal pertanian.

“Kegiatan tanam padi yang dikerjakan oleh Babinsa merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat”, katanya.

Selain pendampingan menanam padi, katanya, Babinsa juga membantu petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan pertanian, perawatan tanam, hingga masa panen mendatang.

“Salah satu wujud nyata di lapangan adalah untuk memberi semangat petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan, khususnya di wilayah Maesan,” ucapnya.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Bondowoso, "Wajib Aerobik, Bangun Imunitas Prajurit dan PNS"

Pada kesempatan yang berbeda Dandim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr. Hanla menekankan agar para Babinsa melakukan pekerjaan pendampingan bukan hanya saat pelaksanaan panen saja, tetapi juga saat penyemaian bibit, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai dengan pelaksanaan panen.

“Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan adalah menanam padi di sawah, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani dalam menciptakan ketahanan pangan”, tutupnya. (Yuniar)