Pemerintahan

Sinergitas Kodim 0822 Bondowoso dan PemKab Bondowoso Hadapi Ancaman El Nino

Editor PB
×

Sinergitas Kodim 0822 Bondowoso dan PemKab Bondowoso Hadapi Ancaman El Nino

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Kodim 0822 Bondowoso bersama pemerintah daerah setempat memperkuat sinergitas untuk menghadapi ancaman El Nino yang diprediksi akan melanda Indonesia.

Kepala Staf Distrik Militer 0822 Bondowoso Mayor Inf Tanuri mengatakan, situasi secara nasional yakni meningkatnya bencana alam karena cuaca yang dipengaruhi oleh global warming sehingga air laut meningkat. Sehingga diprediksi akan terjadi bencana alam terjadi secara terus menerus karena Indonesia masuk dalam cincin api.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Bondowoso Sambut Kunker Pangkostrad di Mako Yonif Raider 514/9/2/Kostrad

” Dampaknya akan memperngaruhi pada sistem pertanian dan ketahanan pangan, ” katanya saat kegiatan Abeg Rembeg di Desa Sumber Anyar, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Kabupaten Bondowoso, Selasa (21/5/2024).

Sehingga, lanjut Kasdim, diperlukan adanya perluasan tanam dan peningkatan produksi. Dengan didukung program pompanisasi untuk mengairi sawah-sawah yang mengalami kekeringan.

” TNI juga akan membuat dapur sehat untuk perbaikan gizi dalam upaya menekan angka stunting, ” imbuhnya.

BACA JUGA :
Peninjauan Operasi Pasar Murah Sekaligus Pemberian Zakat Produktif Untuk Pelaku Usaha Ultramikro Oleh Gubernur Jatim

Harapannya, untuk meningkatkan sinergitas dalam upaya memberantas kemiskinan terutama menghadapi pemanasan global. Pasalnya cuaca saat ini tidak dapat diprediksi dan munculnya bencana secara tiba-tiba.

” Yang utama dulu adalah pangan dulu. Karena kalau tidak ada pangan maka warga akan kelaparan, ” paparnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto mengatakan salah satu instruksi Presiden Jokowi terhadap Kementerian Pertanian bersama TNI AD yakni agar bersiap-siap menghadapi El Nino Gorilla. Dengan terjun langsung ke masyarakat, tujuannya untuk mengetahui kendala yang dialami oleh petani dalam hal pertanian dan ketahanan pangan.

BACA JUGA :
Polsek Grujugan Bondowoso Bekuk Pasutri Pencuri Ternak

” Insya Allah untuk pupuk sesuai dengan e-RDKK, ” katanya kepada warga.

Pj Bupati juga berharap tahun depan Bumdes yang telah berbadan hukum dapat menjadi kios pupuk bersubsidi untuk dapat melayani para petani.