Teknologi

Telkom Indonesia dan Gamelan Berikan Workshop Pengembangan Gim untuk Puluhan Studio Gim di Yogyakarta

Editor PB
×

Telkom Indonesia dan Gamelan Berikan Workshop Pengembangan Gim untuk Puluhan Studio Gim di Yogyakarta

Sebarkan artikel ini

Workshop pengembangan gim ini diadakan secara rutin dua pekan sekali di IndigoHub Jogja.

Telkom Indonesia melalui program Indigo berkolaborasi dengan Gamelan dalam acara workshop pengembangan gim yang diikuti oleh puluhan studio gim di yang ada di Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan di IndigoHub Jogja bernama “Bengkel Gamelan: Action, Anime, Game” tersebut, memberikan informasi dan knowledge yang berkaitan dengan pengembangan gim secara teknikal dan non-teknikal.

Acara Bengkel Gamelan kali ini menghadirkan Mijil Pamungkas (Music Composer Rookie Studio) sebagai pembicara. Mijil yang sudah terlibat dalam pengembangan puluhan gim yang sudah diluncurkan di platform Steam membagikan pengalaman dan ilmunya tentang bagaimana membuat musik yang tepat untuk berbagai genre gim, khususnya gim bergenre anime yang banyak diminati oleh para pemain masa kini. Pada kegiatan ini juga diadakan showcasing gim yang sedang dikembangkan oleh para studio gim, serta terjadi sesi diskusi diakhir kegiatan.

BACA JUGA :
Tas Seminar: Membangun Citra Melalui Desain dari Konveksi Terpercaya

“Indigo memberikan fasilitasi dan pendampingan untuk para studio dan pengembang gim dari berbagai level. Kegiatan Bengkel Gamelan menjadi inisiatif bersama untuk menjembatani berbagai problem yang dihadapi oleh para pengembang gim lokal untuk terus mengembangkan keterampilan dan kreativitasnya, sehingga tercipta gim yang kompetitif dan diminati para pemain gim,” ujar Patricia Eugene Gaspersz, Senior Manager Indigo.

BACA JUGA :
VRITIMES dan MimbarSumut.com Mengumumkan Kemitraan Strategis untuk Memperkaya Penyampaian Berita di Sumatera Utara

Image

Indigo (https://indigo.id/) sebagai inkubator dan akselerator startup milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom),  telah berdiri sejak tahun 2013, dan telah berhasil mengembangkan lebih dari 200 startup digital, dimana 17 diantaranya merupakan pengembang game lokal yang dibina melalui program Indigo Game. Program yang merupakan sub-program Indigo yang menjadi kolaborator dalam acara ini adalah program inkubator untuk startup gim lokal baik dari segi intake, production, dan juga funding sehingga dapat mempercepat komersialisasi produk gim yang mereka buat di pasar global.

“Gamelan secara konsisten menjadi salah satu komunitas yang memfasilitasi teman-teman pengembang gim di Yogyakarta dan sekitarnya untuk berkumpul, berdiskusi, dan mengembangkan studio mereka. Kegiatan kali ini adalah salah satu inisiatif kami agar teman-teman pengembang studio gim bisa tumbuh bersama,” ujar Puspa, Community Manager Gamelan

BACA JUGA :
VRITIMES dan Terkenal.co.id Mengumumkan Kemitraan untuk Inovasi dalam Penyampaian Berita dan Konten Digital

Acara Bengkel Gamelan ini merupakan bentuk sinergi dengan komunitas sebagai bentuk komitmen Telkom Indonesia melalui program Indigo untuk menjadi salah satu pendorong ekosistem gim di Indonesia. Harapannya, acara ini dapat menstimulus para pengembang gim agar dapat menciptakan karya yang dapat menembus pasar global.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES