Teknologi

RevComm Ciptakan Masa Depan Bisnis di Era AI Generatif dengan MiiTel

Editor PB
×

RevComm Ciptakan Masa Depan Bisnis di Era AI Generatif dengan MiiTel

Sebarkan artikel ini

Image

RevComm menjadi satu-satunya perusahaan Asia dalam daftar Forbes AI 2023, penghargaan yang mengakui perusahaan-perusahaan paling menjanjikan dalam bisnis kecerdasan buatan (AI). Pada daftar tersebut, RevComm bersanding dengan perusahaan-perusahaan global ternama seperti OpenAI yang menciptakan platform ChatGPT.

Di tengah perkembangan AI yang semakin pesat dan luas sejak kemunculan ChatGPT di tahun 2022, RevComm telah mengantisipasi perkembangan AI generatif sejak tahun 2017, dan meluncurkan MiiTel, VoIP berbasis AI pada Oktober 2018. Oleh karena itu, situasi di era AI generatif saat ini justru menjadi angin segar bagi RevComm.

Mengubah Percakapan Menjadi Big Data untuk Bisnis

Takeshi Aida, CEO & Founder RevComm Inc., memberikan pandangannya terkait bagaimana arah dan kekuatan RevComm di era AI generatif. “Nilai yang RevComm berikan kepada pelanggan dapat disebut sebagai ‘DropBox Voice Edition,’ yang mana kami mengumpulkan data percakapan berkualitas tinggi dan mendukung terciptanya lingkungan di mana data tersebut dapat dimanfaatkan di era AI generatif yang akan datang.”

Dalam dunia bisnis, data teks seperti e-mail dan chat sudah terekam dan menjadi bagian dari big data, namun data percakapan verbal masih belum tersentuh. Oleh karena itu, RevComm mengakui nilai penting dari percakapan verbal dan berfokus untuk mengubahnya menjadi aset data berharga dengan bantuan AI. Melalui MiiTel, percakapan verbal yang sebelumnya kurang dimanfaatkan dalam konteks bisnis, dapat dimanfaatkan menjadi big data.

BACA JUGA :
Maxy Academy Berbagi Tips Persiapan Karir di PENSasi 2023: Menyongsong Digital Career

RevComm tidak hanya melihat kuantitas, namun juga pentingnya kualitas dalam percakapan. Meskipun memiliki banyak data rekaman percakapan, namun jika tidak ada informasi dan analisis pendukung, maka sulit untuk memanfaatkannya dengan efektif, dan bahkan dapat memakan biaya besar untuk memilah dan membersihkan data tersebut.

Inovasi RevComm: Mulai dari MiiTel Phone, MiiTel Meetings, Hingga MiiTel RecPod

Di tahun 2017, RevComm merilis MiiTel, sistem telepon pintar berbasis AI yang mampu menganalisis percakapan telepon, seperti siapa yang terlibat dalam percakapan, kapan percakapan dilakukan, dari industri mana, apa topik yang dibicarakan, hingga hasil percakapan. Percakapan tersebut kemudian dapat ditranskripsikan ke dalam teks dan diintegrasikan dengan Customer Relationship Management (CRM) untuk menyimpan catatan. Melalui inovasi tersebut, MiiTel dapat bermanfaat dalam meningkatkan performa sales, contact center, dan bisnis. Pada 2021, inovasi inipun mulai dimanfaatkan oleh berbagai bisnis di Indonesia.

BACA JUGA :
LindungiHutan Gelar Open House sebagai Perwujudan Nilai Transparansi

Di tahun 2023, RevComm merilis alat analisis rapat online yang dilengkapi AI bernama “MiiTel Meetings,” yang memungkinkan pengolahan data komunikasi internal yang lebih luas, mulai dari percakapan satu lawan satu hingga rapat dengan beberapa peserta.

Hingga di tahun 2024 ini, RevComm sukses meluncurkan inovasi barunya, MiiTel RecPod. Sebuah aplikasi mobile yang dapat merekam, menganalisis, sekaligus membuat notulen rapat offline secara otomatis. Aplikasi ini juga telah tersedia untuk perangkat iOS maupun Android, memudahkan penggunanya untuk menyimpan konten percakapan meeting di mana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu, MiiTel akan dapat menyediakan layanan secara menyeluruh di semua situasi terjadinya komunikasi verbal, seperti telemarketing, call center support, face-to-face sales, meetings, dan telemedicine.

“Pada akhirnya, yang ingin kami capai adalah menjadi platform yang menciptakan AI untuk pengambilan keputusan manajemen,” kata Takeshi Aida, CEO and Founder RevComm Inc.

BACA JUGA :
Dampak Expo 2020: Kesuksesan Expo 2020 telah meningkatkan kepercayaan investor dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Image

RevComm ingin memperluas penggunaan MiiTel ke berbagai bidang bisnis, seperti solusi call center, HR Tech, MedTech, EdTech, dan sektor B2C dengan memanfaatkan teknologi analisis suara. Di bidang B2B, RevComm juga berencana untuk megembangkan AI yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan manajemen. 

RevComm juga tengah mengembangkan produk yang mampu melakukan analisis komunikasi dengan menggabungkan beberapa data, seperti analisis wajah, gerakan tubuh, dan gerakan tangan. Hal ini akan berkontribusi dalam memaksimalkan pemanfaatan big data perusahaan.

Di era AI generatif yang akan datang, banyaknya data berkualitas tinggi yang dapat disimpan akan menjadi sumber pertumbuhan perusahaan. RevComm memiliki tujuan untuk mendukung bisnis dalam meningkatkan konversi, memangkas biaya operasional, dan mengubah data pelanggan menjadi aset big data untuk perusahaan.

MiiTel kini telah meraih lebih dari 78.000 pengguna. Klik di sini atau kunjungi miitel.id untuk klaim Free Demo MiiTel sekarang!

Image