Teknologi

Siapkan Generasi Muda Hadapi AI, BINUS Adakan Summer School Spesial

Editor PB
×

Siapkan Generasi Muda Hadapi AI, BINUS Adakan Summer School Spesial

Sebarkan artikel ini

Kupas Tuntas Dasar-dasar AI dengan Summer School Intensif BINUS University

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) sudah semakin pesat hingga memicu tumbuhnya tren baru. Contohnya, generative AI untuk video, tulisan, dan gambar, chatbot, hingga algoritma untuk mendeteksi isi konten secara otomatis. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika dilansir dari Forbes, 75% pengguna internet di seluruh dunia mengkhawatirkan potensi penyalahgunaan teknologi AI untuk misinformasi.

Image

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, BINUS University sebagai perguruan tinggi swasta yang memiliki misi memberdayakan masyarakat demi membangun nusantara menyadari pentingnya pendidikan tentang AI untuk generasi muda. Oleh sebab itu, BINUS University mengadakan program Summer School bertemakan “Strive the AI for Humanity and Sustainability” pada tanggal 25-26 Juni 2024 secara hybrid di BINUS @Kemanggisan, Anggrek Campus, Jakarta.

Tujuan Utama Acara “BINUS Summer School on AI”

Image

Sesuai dengan tajuk acara “Strive the AI for Humanity and Sustainability”, BINUS Summer School yang diadakan oleh Center of Excellence (CoE) of Humanitarian and Technology ingin menekankan pentingnya penggunaan kecerdasan buatan secara sustainable. Artinya, penerapan AI dalam industri maupun kehidupan sehari-hari harus memperhatikan aspek etika dan keberlanjutan, baik dari segi sosial maupun alam.

BACA JUGA :
PT Mitra Abadi Autoparts Hadir di IIMS 2024: World-Class Quality Replacement Parts dengan brand LKS Autoparts.

Hal ini selaras dengan mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB. Beberapa yang menjadi fokus utama untuk acara kali ini adalah pendidikan berkualitas; perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh; kota dan pemukiman yang berkelanjutan; penanganan perubahan iklim; serta berkurangnya kesenjangan.

“Kami percaya AI bisa membantu semua lapisan masyarakat memenuhi Sustainable Development Goals tersebut, dan langkah pertamanya dimulai dengan mendidik generasi muda yang akan meneruskan warisan generasi sebelumnya,” ucap Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. selaku Dean of School of Computer Science BINUS University.

Mata Acara Insightful Bersama Pembicara Ahli

Image

Untuk memenuhi tujuan dari tema acara yang telah disebutkan, BINUS Summer School on AI menghadirkan agenda yang intensif selama 2 hari. Agenda ini terdiri dari berbagai kursus fundamental dan seminar seputar perkembangan terkini dalam teknologi AI bersama para akademisi ternama di bidang ilmu komputer, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pada hari pertama, setelah mendengarkan sambutan dari rektor BINUS University, perkenalan tentang program AI di BINUS University dari Dr. Derwin Suhartono, serta pengantar riset AI di BINUS University dari Prof. Dr. Widodo Budiharto, peserta dapat mengikuti berbagai kursus pengantar: Dasar-dasar AI dan Data Science, Machine Learning, dan Generative AI. Semua mata pembelajaran kursus ini akan membantu mereka memahami materi pada sesi dan hari berikutnya.

BACA JUGA :
Jangan Lakukan Ini Saat Menggunakan Besi Siku! Tips Agar Proyek Anda Sukses!

Kemudian, pada hari kedua Summer School, peserta bisa mengikuti seminar tentang peranan generative AI dalam pendidikan dan tantangan etika penerapannya. Selain itu, ada juga seminar mengenai karya-karya terkini dalam bidang generative AI untuk kemanusiaan dan keberlanjutan. Contohnya, bagaimana generative AI bisa memberikan layanan untuk mewujudkan kota dan pemukiman sustainable, serta bagaimana Natural Language Processing (NLP) dapat mengatasi tantangan krisis iklim.

Semua peserta dapat mempelajari dasar-dasar teori serta praktik dari sesi-sesi tersebut secara langsung di lokasi acara maupun secara virtual melalui platform berbasis internet.

Harapan BINUS University untuk Masa Depan AI

Image

Melalui BINUS Summer School on AI, BINUS University berharap bisa mencetak calon business leader dan academic leader yang mampu menggunakan teknologi AI dengan bijak. Terutama, untuk memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang akan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan masyarakat, menangkal krisis iklim, serta mendukung terciptanya pemukiman yang sustainable.

BACA JUGA :
Pencapaian Luar Biasa HLB International

“Teknologi AI memang punya potensi misuse yang sangat besar, tapi manfaatnya juga tidak kalah besar. Semoga saja, dengan mengikuti summer school ini, para peserta selalu mengedepankan etika dan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat saat menerapkan AI dalam apa pun yang mereka lakukan,” tutur Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. sebagai penutup.

Dalam rangka menanggapi pesatnya perkembangan AI dan potensi penyalahgunaannya yang melanggar etika, BINUS University mengadakan program Summer School spesial dengan tajuk “Strive the AI for Humanity and Sustainability”. 

Peserta dapat mengikuti jalannya acara ini on the spot di BINUS @Kemanggisan, Anggrek Campus, Jakarta atau secara online pada tanggal 25-26 Juni 2024. Sesuai dengan tema acara tersebut, peserta dapat mempelajari dasar-dasar teknologi AI secara teori dan praktik, tantangan etika dalam implementasinya, serta riset-riset terkini di bidang tersebut dari para akademisi lokal dan internasional yang terkenal.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES