TNI

Bentuk Kampung Pancasila, Kodim 0822 Siap Ikuti Kasad Award

Editor PB
×

Bentuk Kampung Pancasila, Kodim 0822 Siap Ikuti Kasad Award

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID –Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sejatinya merupakan Investasi luar biasa dari para pendiri bangsa sebagai pemersatu bangsa. Penerapan keduanya dalam kehidupan sehari-hari, terbukti dapat merekatkan masyarakat dari beragam latar belakang suku, ras, maupun agama di Indonesia. Mengapresiasi hal tersebut Kasdim 0822 Bondowoso Mayor Inf Tanuri, bersama Aparat Desa menghadiri Rapat Koordinasi Penyiapan Kampung Pancasila yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Nangkaan jln Brigpol Sudarlan Desa Nangkaan Kabupaten Bondowoso. Rapat ini dilaksanakan guna menindaklanjuti perintah dari komando atas terkait mengikuti KASAD AWARD rencana pembentukan Kampung Pancasila.(Rabu,17/07/2024)

BACA JUGA :
"Osrok", Cara Tradisional Babinsa dan Petani Bersihkan Rumput Pengganggu Padi

Dalam rapat tersebut, selain membahas rencana pembentukan Kampung Pancasila, kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi dalam rangka mewujudkan Kampung Pancasila. Kasdim menyatakan harapannya agar warga Desa Nangkaan hidup guyub rukun berdampingan dan untuk mengingat kembali isi dan makna yang tertuang didalam butir-butir Pancasila sebagai dasar Negera Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk diketahui juga Kasdim 0822 Bondowoso Mayor Inf Tanuri mengatakan, pembentukan Kampung Pancasila ini dilaksanakan sesuai dengan Instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Maruli Simanjuntak, untuk membentuk Kampung Pancasila di tiap-tiap wilayah Kodim, program ini edukasi wawasan kebangsaan kepada masyarakat, khususnya kaum milenial sehingga bisa menangkal radikalisme dan rasa cinta tanah air dan dengan kampung pancasila diharapkan kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam berbangsa dan bernegara, inti dari Pancasila adalah gotong royong mempersatukan pikiran dan pandangan dengan bekerjasama pekerjaan akan ringan dan mudah terselesaikan” ucap Kasdim.

BACA JUGA :
Gerak Cepat Polres Bondowoso Dengan Adanya Penemuan Bayi di Depan SDN Dabasah 3

Pada kesempatan yang sama salah satu warga Nangkaan Bapak Zukifli Mengaku menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mendukung akan adanya pembentukan Kampung Pancasila di desanya tersebut.

BACA JUGA :
Pembekalan Bela Negara di Giat Wasbang oleh Kasdim 0822 Bondowoso

”Ini sebuah kehormatan Kelurahan kami dijadikan sebagai Kampung Pancasila, semoga dengan adanya kegiatan ini akan semakin dikenal oleh masyarakat banyak bahwa Desa Nangkaan bisa seperti yang diharapkan pemerintah dengan dasar Pancasila yang tertera Bhineka Tunggal Ika”, ujarnya.