Berita

Birokrat Tulen dan Bakal Bupati Bondowoso Nomor 2, Bambang Soekwanto

Editor PB
×

Birokrat Tulen dan Bakal Bupati Bondowoso Nomor 2, Bambang Soekwanto

Sebarkan artikel ini
Bakal Bupati Bondowoso
Bambang Soekwanto Bakal Bupati Bondowoso saat kegiatan berbagi bantuan. Selasa, 24/9/2024.( Foto: Dok. Yun/Portal Bangsa)

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – KPU Bondowoso telah menetapkan Bambang Soekwanto sebagai calon bupati yang akan berkompetisi dalam kontestasi Pilkada 2024. Ia mendapatkan nomor 2. Seperti apa sosoknya ?

Bambang Soekwanto, atau kerap dengan sebutan Mas Bambang merupakan putera daerah. Karena ia memang tumbuh dan berkembang sejak kecil di kabupaten berjuluk Kota Tape ini.

Ia memang dilahirkan di Balikpapan, Kalimantan Timur, 5 April 1966. Hal itu karena ayahnya memang seorang tentara yang kerap berpindah tugas. Ia dilahirkan ketika ayahnya tengah bertugas di sana.

Tak berapa lama di Kalimantan, ayahnya kembali berpindah ke kota-kota lain. Bambang kecil lantas diboyong kembali ke tanah leluhur kedua orang tuanya, Bondowoso.

BACA JUGA :
Kodim 0822 Bondowoso Laksanakan Shalat Idul Adha Bersama Masyarakat

Memasuk usia sekolah, ia lantas bersekolah di SD Dabasah VII Bondowoso hingga lulus. Selanjutnya ia melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni SMPN 1 Bondowoso sampai tamat.

Menginjak sekolah lanjutan atas, ia melanjutkan ke SMPP Tenggarang. Namun tak sampai lulus. Ia berpindah ke SMAN 9 Bandung, Jawa Barat. Karena ayahnya berpindah tugas di Bumi Parahyangan, hingga lulus.

Ayah dengan 3 putera yang sudah dewasa ini lantas kembali ke Bondowoso. Kebetulan ia diterima di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember, mengbil jurusan Administrasi Negara (AN) tahun 1995.

BACA JUGA :
Keakraban Danramil 0822/15 Klabang Dan Warganya

Setamat dari perguruan tinggi negeri di Jember tersebut, suami Ratih ini sempat bekerja di sejumlah perusahaan. Namun pada tahun 1995, ia diterima sebagai PNS (sekarang ASN) di lingkup Pemkab Bondowoso.

Sebagai ASN, Bambang Soekwanto boleh dibilang birokrat tulen. Karena ia sudah malang melintang bertugas di lingkungan Pemkab Bondowoso.

Selama 29 tahun sebagai birokrasi, berbagai jabatan pernah diemban Bambang Soekwanto. Mulai dari jabatan rendah sebagai staf biasa, hingga jabatan tertinggi sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso.

Jabatan strategis sebagai camat dilakoninya 2 kali. Yakni sebagai Camat Curahdami, lantas berlanjut sebagai Camat Botolinggo. Masing-masing diemban selama beberapa tahun.

Tak hanya sampai di situ. Seiring berjalannya waktu, jabatannya terus meroket. Bambang lantas menjabat sebagai sebagai Kabag Humas, dan Sekretariat Daerah Bondowoso.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2023

Karena prestasinya, jabatannya tampak kian moncer. Terbukti, beberapa kali Bambang menjabat sebagai Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Di antaranya sebagai Kepala Dinas Parporahub, Dinas Koperindag Bondowoso.

Terakhir ia dipercaya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, setelah sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Lumajang.

Lantas, karena masa jabatan Bupati Bondowoso telah habis, Bambang Soekwanto lantas ditunjuk Kemendagri sebagai Penjabat (Pj) Bupati selama 10 bulan, sebelum kemudian ikut dalam kontestasi Pilkada 2024. (yun)