Berita

Asli Putra Daerah,Cabup NO. 2 Bambang Soekwanto Ternyata Piawai Mainkan Alat Musik Tradisional

Editor PB
×

Asli Putra Daerah,Cabup NO. 2 Bambang Soekwanto Ternyata Piawai Mainkan Alat Musik Tradisional

Sebarkan artikel ini
Bambang Soekwanto
Bambang Soekwanto, Cabup No. 2 dari pasangan Bagus ikut bermain musik tradisional bersama komunitas pegiat seni budaya ludruk Sri Rahayu saat blusukan ke Desa Pecalongan. Selasa, 23/10/2024. (Foto: Dok. Yuniar/Portal Bangsa)

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Calon Bupati nomor urut 02 Bambang Soekwanto melakukan aksi blusukan ke komunitas pegiat seni budaya ludruk. Bahkan, mantan Pj Bupati ini dengan piawai ikut menabuh gamelan.

Dalam blusukannya di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari ini Cabup Bambang Soekwanto langsung membaur ke pegiat seni ludruk Sinar Rahayu, yang saat itu tengah mengadakan pergelaran.

Menurut mantan Sekretaris Daerah Bondowoso ini, komunitas seni dan budaya merupakan salah satu elemen masyarakat yang perlu mendapat perhatian.

BACA JUGA :
Mewujudkan Keakraban, Babinsa Paguan Komsos Dengan Warga Binaan

Karena mereka juga termasuk bagian dari unsur di bidang kesenian tradisional yang harus dilestarikan, di tengah gempuran seni modern.

“Kesenian daerah harus tetap dilestarikan. Karena mereka merupakan pewaris budaya adiluhung,” kata Bambang Soekwanto, Selasa (23/10/2024).

Lebih jauh ia menyampaikan, para pegiat seni tradisional ludruk dengan seluruh komponen dan komunitasnya merupakan aset yang harus dirangkul keberadaannya.

“Mereka harus diapresiasi. Karena mampu bertahan di antara seni pertunjukan modern yang memang makin menjamur,” ujar cabup nomor urut 02, berpasangan dengan Gus Baqir ini.

BACA JUGA :
Damkar Berikan Sosialisasi di Lokasi TMMD 116 Bondowoso

Bambang Soekwanto mengaku, jika sejak jaman mudanya sudah sangat akrab dengan seni tradisional serta elemen-elemennya, hingga seni dan budaya modern yang digandrungi paramuda saat ini.

Pantauan di lokasi acara, selain menyapa secara langsung para seniman ludruk dengan penuh keakraban, Bambang Soekwanto juga tak canggung berinteraksi dengan mereka.

Bahkan, ia turut memainkan dan menabuh gamelan ludruk serta mengiringi gending yang dibawakan ludruk Sinar Rahayu tersebut secara piawai.

BACA JUGA :
CV. Trisno Adi Berbagi Ratusan Sembako, Dandenpom NTB Beri Apresiasi

Tak ayal, kemampuan Bambang Soekwanto menabuh alat musik jenis gambang itu mendapat apresiasi dari kalangan para pengrawit ludruk tesebut.

Mereka sama sekali tak menyangka, bahwa seorang pejabat mampu dan piawai memainkan gamelan ludruk secara rancak dan terukur sesuai pakemnya.

“Kok bisa ya, ternyata Pak Bambang ini pinter memainkan gamelan ludruk,” kata Mujiono, salah seorang warga setempat saat menyaksikan pergelaran ludruk tersebut.