Berita

Harapan KPU Bondowoso di Debat Perdana Pilbup Pilkada 2024

Editor PB
×

Harapan KPU Bondowoso di Debat Perdana Pilbup Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso akan menggelar debat Pilkada 2024 pertama pada Senin, 28 Oktober 2024.

Debat ini akan dilaksanakan di Aula Hotel Palm, Kecamatan Bondowoso. Mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Debat publik pertama ini akan akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, kependudukan, pangan, agraria, dan kesejahteraan sosial.  

Menurut Mohammad Mahsun, Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, menjelaskan, nantinya akan ada enam segmen debat publik dengan waktu 180 menit atau tiga jam.

BACA JUGA :
Hari Jadi Perhutani Bondowoso Ke-62 Laksanakan Santunan Anak Yatim dan Doa Bersama

Untuk segmen pertama, Paslon 01 dan 02 akan menyampaikan visi dan misi. Kemudian di segmen ke dua dan tiga setip Paslon akan mengambil pertanyaan yang telah disiapkan oleh para panelis. Mereka kemudian akan menjawab dan saling ditanggapi oleh Paslon lain.

” Paslon mengambil undian sub tema kemudian ambil nomer untuk soal yang dibuat panelis,” jelasnya.

Sementara di segmen 4 dan 5, kata Mahsun, masing-masing Paslon akan saling memberikan pertanyaan dan jawaban. Terakhir di segmen enam, Paslon 01 dan 02 akan menyampaikan pernyataan penutup.

BACA JUGA :
Dinsos P3AKB Bondowoso Evakuasi Seorang Nenek

Ia menyebutkan, nantinya selama debat pihaknya disediakan kertas dan bollpoint untuk mereka mencatat.

Sementara untuk “contekan” pertanyaan diperbolehkan para Paslon membawa. Namun, yang dimaksud Contekan disini adalah pertanyaan

“Kan beliau nanti harus mempersiapkan pertanyaan. Ini bukan untuk hafalan kan,” terangnya pada Tribun Jatim.

Namun begitu, Mahsun mengingatkan agar para Paslon tidak mempertanyakan yang sifatnya pribadi, dan menyerang personal atau di luar tema.

Disinggung tentang pendukung, kata Mahsun, pihaknya hanya memperbolehkan 50 orang pendukung masing-masing Paslon yang boleh masuk ke lokasi debat publik.

BACA JUGA :
Selama Bulan Agustus Polres Bondowoso Berhasil Ungkap Kasus Perjudian konvensional dan Online

Sementara untuk pendukung di pinggir jalan, pihaknya aka berkoordinasi dengan tim keamanan.

“Di luar 50 orang itu kita sampaikan tal diperkenakan untuk masuk,” tuturnya.

Ia pun mengingatkan agar para Paslon bisa tampil prima. Mengingat debat publik ini pun merupakan baguan dari kampanye untuk meraup dukungan sebanyak-banyaknya.

Informasi dihimpun, lima orang panelis di antaranya berasal dari Universitas Jember, UIN Khas Jember, serta Universitas Bung Karno.