TNI

Penerapan Outing Class, SMPN 1 Curahdami Bondowoso Improvisasi Metode Pembelajaran

Redaksi
×

Penerapan Outing Class, SMPN 1 Curahdami Bondowoso Improvisasi Metode Pembelajaran

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Banyak aktivitas dapat dilakukan tidak harus di ruangan. Namun bisa pula dilakukan di lapangan atau alam terbuka. Demikian juga proses belajar-mengajar. Juga dapat dilakukan di luar ruang kelas, termasuk di luar sekolah.

Sabtu, (11/11/2023) SMPN 1 Curahdami Bondowoso mengadakan kegiatan Outing Class. Kegiatan tersebut sudah diprogramkan bersama oleh pihak sekolah dengan komite dan paguyuban sejak awal tahun pelajaran baru.

BACA JUGA :
Kodim 0822 Bondowoso Bagikan Bingkisan Lebaran kepada Prajurit dan PNS

Penerapan Outing Class di SMPN 1 Curahdami Bondowoso berupa kegiatan sehari siswa belajar di luar sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih faktual dan kontekstual.

“Melalui program Outing Class maka semua guru dituntut melakukan improvisasi metode pembelajaran. Misalnya improvisasi langsung ragam jenis tanaman. Atau melalui observasi pinggir sungai bisa mempelajari arus air”, ungkap Mohammad Hairul, S.Pd, M.Pd.

Lebih lanjut Kepala SMPN 1 Curahdami Bondowoso tersebut menegaskan bahwa improvisasi itu bisa muncul apabila para guru tidak hanya berada di dalam ruang kelas. Alternatifnya bisa di luar kelas atau bahkan bisa di luar lingkungan sekolah.

BACA JUGA :
Angkat Material Batu Bata Juga Dilakoni Babinsa Botolinggo

“Hal ini juga linier dengan Kurikulum Merdeka. Bahwa anak bisa observasi langsung, melakukan, bahkan mengalami. Dari sana akan tercipta nalar kritis dan muncul kreatifitas. Jika tidak mampu sendiri, bisa juga gotong-royong,” paparnya.

BACA JUGA :
Terus Jaga Hubungan Baik, Serda Sutono Melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

A. Mauzun, S.Pd selaku Guru Bimbingan Konseling SMPN 1 Curahdami Bondowoso, yang juga turut mendampingi kegiatan Outing Class menyampaikan bahwa hal ini juga bagian dari upaya mewujudkan sekolah menyenangkan.

“Saya saksikan langsung bahwa siswa sangat antusias dan senang dengan kegiatan Outing Class tadi. Selain mendapat pengalaman belajar cara baru, bagi siswa ini juga semacam refreshing bersama di alam terbuka” ungkap Mauzun.