TNI

Wujud Sinergitas Bersama Rakyat Babinsa Kodim 0812 Lamongan Lakukan Pendampingan pada Petani

Editor PB
×

Wujud Sinergitas Bersama Rakyat Babinsa Kodim 0812 Lamongan Lakukan Pendampingan pada Petani

Sebarkan artikel ini

Lamongan, PORTALBANGSA.CO.ID – Dalam upaya meningkatkan produksi pangan Nasional, Pemerintah Kecamatan Kedungpring khususnya Pemerintah Desa Majenang memberikan bantuan obat obatan pertanian dan pemasangan rumah burung hantu. Kegiatan yang dilaksanakan di area persawahan Desa Majenang Kecamatan Kedungpring tersebut didampingi langsung oleh Bintara pembinaan desa (Babinsa) Desa Majenang, Koramil 0812/11 Kedungpring, Sertu Bagus, Kamis (13/06/2024).

Diketahui bersama bahwa hama yang paling ganas dan dapat merusak tanaman padi adalah hama wereng dan tikus. Menyadari akan ancaman gagal panen yang ditimbulkan oleh tikus dan wereng, Pemerintah Desa secara khusus mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk memberikan bantuan obat obatan pertanian dan pemasangan rumah burung hantu sebagai upaya pengendalian hama wereng dan tikus.

BACA JUGA :
Kodim 0812 Lamongan Suguhkan Sejarah tentang Jenderal Soedirman di Program Senin Berkibar

Saat ditemui di lokasi, Kepala Desa Majenang, Angguk Tri Setyo Hartawan menuturkan bahwa penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pemberian obat obatan pertanian dan pemasangan burung hantu merupakan langkah kongkrit dalam upaya meningkatkan produktifitas panen padi di Desa Majenang.

BACA JUGA :
Satgas TMMD 116 Bondowoso, Mulai Pengecatan RUTILAHU

“Secar umum kondisi tanaman padi di Desa Majenang cukup memuaskan. Namun dengan adanya potensi ancaman gagal panen yang disebabkan hama wereng dan tikus, Kami Pemerintah Desa Majenang perlu mengalokasikan Dana Desa untuk kegiatan pencegahan dan pengendalian hama” ujar Sang Kades.

Sementara, Babinsa Desa Majenang, Koramil 0812/11 Kedungpring, Sertu Bagus menurturkan bahwa kehadirannya adalah untuk membantu dan memastikan bahwa kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan awal yaitu meningkatkan ketahanan pangan Nasional.

BACA JUGA :
Jaga Kamtibmas Demi Pemilu Damai, Bawaslu Kabupaten Lamongan Apresiasi Polri

“Selain memang untuk turut serta meningkatkan produktifitas pangan, Kami hadir untuk terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan seluruh Warga binaan. Dengan demikian, akan mampu menciptakan sinergi yang harmonis, selaras dan berkesinambungan” ujarnya.