Pemerintahan

200 Ton Pupuk NPK Dibagikan Gratis oleh Pemkab Bondowoso

Editor PB
×

200 Ton Pupuk NPK Dibagikan Gratis oleh Pemkab Bondowoso

Sebarkan artikel ini
Pemkab Bondowoso
Penyerahan pupuk NPK Gratis oleh Pj Bupati Bondowoso di sejumlah Desa. Minggu, 17 Juni 2024. (Foto: Dok. Yuniar/Portal Bangsa)

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian kembali mendistribusikan bantuan pupuk majemuk NPK di beberapa kecamatan.

Pada hari ke dua ini, Minggu (16/6/2024), sedikitnya ada 15 desa di lima kecamatan yang mendapatkan bantuan.

Di antara yang langsung dihadiri oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto yaitu, Kelurahan/Kecamatan Binakal; Desa Gadingsari, dan Desa Sumber Tengah, Kecamatan Binakal; Desa Mandiro, Kecamatan Tegalampel; serta Desa Sumber Kokap, Kecamatan Tamankrocok.

BACA JUGA :
Sukseskan Program Hanpangan, Babinsa Kodim 0822 Dampingi Petani Dalam Pompanisasi

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Hendri Widotono, untuk total satu kabupaten ada 200.000 kilogram atau 200 ton pupuk yang diberikan secara gratis pada petani di sembilan kecamatan, 39 desa.

“Ada 135 kelompok, 5.103 orang anggota. Luasannya 2.000 hektar,” katanya sebagaimana dikutip dari data yang diterima awak media.

Tak hanya pupuk, kini Dinas Pertanian Bondowoso tengah pula mendata pengeboran air di 100 titik dari Kementerian Pertanian. Bahkan, hingga saat ini data untuk sumur bor telah masuk 50 persen.

BACA JUGA :
Perhutani Dan Kapolres Bondowoso Koordinasi Jaga Kawasan Hutan

Menurut Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, pemberian bantuan sumur bor dan pupuk NPK Majemuk karena pihaknya saat ini ingin fokus dalam menjaga ketahanan pangan dari sektor pertanian.

“Karena bagaiamana pun saya juga harus menjaga ketahanan pangan di Bondowoso, khawatir nanti El Nino Ghozila merajalela. Antisipasi,” pungkasnya.

BACA JUGA :
Peringati HSN 2023, Ini Pesan Pj Bupati Bondowoso Kepada Santri

Sehari sebelumnya, penyerahan bantuan pupuk di lakukan di sejumlah desa di Kecamatan Cermee dan Wonosari.

Dan disebut bantuan pupuk yang diberikan ini berasal dari Kementerian Pertanian. Yakni, pupuk jenis NPK. Bantuan diberikan dengan harapan bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan harapan bisa menjaga ketahanan pangan di Bondowoso.