Pendidikan

PKM Universitas Brawijaya Edukasi Pembudidaya Nila di Malang Mengenai Pediocin sebagai Terobosan Antibiotik Baru

Redaksi
×

PKM Universitas Brawijaya Edukasi Pembudidaya Nila di Malang Mengenai Pediocin sebagai Terobosan Antibiotik Baru

Sebarkan artikel ini
Budidaya Ikan Nila Tambaksari
Komunitas Budidaya Ikan Nila Tambaksari di Kabupaten Malang dan Kelompok Usaha Opet di Kota Malang

PORTALBANGSA.CO.ID – Edukasi masyarakat merupakan salah satu progam yang diusung oleh tim PKM dengan inovasi yang dibawa adalah antibiotik generasi baru berupa pediocin untuk mengatasi infeksi aeromonas.

Oleh karenanya, Pada hari Jumat, 6 Oktober 2023, Tim PKM yang diketuai oleh Nasim menemui Komunitas Budidaya Ikan Nila Tambaksari di Kabupaten Malang dan Kelompok Usaha Opet di Kota Malang sebagai salah satu target awal pengedukasian.

BACA JUGA :
Dua Anggota Satgas Garuda Bhayangkara Asal Polresta Malang Raih Medale Parade Cemerony dari PBB

Edukasi dimulai dengan pembahasan mengenai kondisi budidaya ikan nila saat ini, bahaya penggunaan antibiotic bagi komoditas hingga hewan, dan di akhir sesi diperkenalkan pediocin sebagai terobosan antibiotik baru di masa depan.


Ketua Komunitas Ikan Nila Tambaksari Kabupaten Malang, Pak Joni, serta Pak Rohim, sebagai Perwakilan Komunitas Opet Usaha Tambak Nila, Bandulan, Kota Malang. Mereka menyambut baik inovasi Pediocin sebagai solusi yang berpotensi mengubah permainan dalam budidaya ikan nila.

BACA JUGA :
Asintel Kasdivif 2 Kostrad Tutup Penataran Penerangan Satjar Divif 2 Kostrad TA 2022


Dengan hasil positif ini, diharapkan bahwa masalah serius yang telah lama mengganggu industri budidaya ikan nila, terutama dalam menghadapi infeksi bakteri Aeromonas, dapat segera teratasi. Hal ini diharapkan akan meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan budidaya ikan nila di Malang dan sekitarnya.

BACA JUGA :
Tak Sampai 24 Jam, Polisi Berhasil Amankan Tersangka Begal Payudara di Malang

Pencapaian mahasiswa Universitas Brawijaya ini adalah contoh nyata dari kolaborasi antara akademisi, penelitian, dan komunitas lokal dalam mencari solusi untuk tantangan nyata. Semoga Pediocin akan menjadi salah satu kunci sukses dalam industri budidaya ikan nila.

Penulis : Nasim