Pemerintahan

Pemkab Bondowoso Bekerjasama Dengan Bulog Gelar Gerakan Pangan Murah

Redaksi
×

Pemkab Bondowoso Bekerjasama Dengan Bulog Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Guna menjaga stabilitas harga pangan, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bekerja sama dengan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik petani (BUMP) dan distributor bahan pokok menggelar Gerakan Pangan Murah dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-alun RBA Kironggo menyediakan berbagai komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam ras yang dijual dengan harga murah.

Hendri Widotono ,Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bondowoso mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan yang digelar secara serentak oleh Badan Pangan Nasional pada hari Senin (16/10/2023).

BACA JUGA :
Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko SIK Hadiri Kunjungan Menparekraf di Desa Wisata Tirta Agung

“Alhamdulillah pada kegiatan hari ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Komoditas pangan yang dijual laris manis sejak pagi,” katanya.

Dikatakan bahwa, Gerakan Pangan Murah tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah atau terjangkau dan yang terpenting adalah menjaga stabilitas pangan.

Menurutnya juga dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan komoditas pangan serta mendekatkan dengan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA :
Sasaran Fisik Selesai, Persiapan Penutupan TMMD 116 Bondowoso

“Komoditas pangan yang disediakan, antara lain sembako termasuk pangan olahan yang disediakan teman-teman dari gapoktan (gabungan kelompok tani) maupun KWT (kelompok wanita tani) juga masyarakat,” paparnya.

Sememtara itu PJ Bupati Bondowoso melalui Asisten II Hari Cahyono menyampaikan
menjelaska acara Gerakan Pangan Murah itu dilakukan sebagai upaya menjaga Stabilitas harga pangan di wilayah Kabupaten Bondowoso.

Ia mengatakan bahwa giat tersebut merupakan upaya Pemkab dengan secara bersama-sama untuk memberikan kelonggaran harga kepada masyarakat.

Pemkab bersama Bulog menyediakan harga dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET), hal itu diberikan Pemkab untuk memberikan kemudahan akses berbelanja kepada masyarakat.

BACA JUGA :
Wakapolres Bondowoso bersama Forpimda Membagikan 1000 Bendera

“Hari ini kita menyiapkan 10 Ton beras PSHP, dengan harga per Kilogram 10.900, selain komoditi Beras, Bulog juga menyediakan Gula dengan harga 14.000 ribu,” tukasnya.

Melalui Gerakan Pangan Murah ini diharapkan, Pemkab Bondowoso bersama Perum Bulog Cabang Bondowoso serta DPKP dengan kegiatan operasi pasar sebagai upaya pengendalian gejolak kenaikan harga beras di pasaran dapat membantu masyarakat ,mengingat harga beras belakangan ini terus naik.