TNI

Dandim 0812/Lamongan Serahkan Bantuan Pompa Air untuk Tingkatkan Ketahananan Pangan Nasional

Editor PB
×

Dandim 0812/Lamongan Serahkan Bantuan Pompa Air untuk Tingkatkan Ketahananan Pangan Nasional

Sebarkan artikel ini

Lamongan,PORTALBANGSA.CO.ID – Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan Nasional, Kementerian Pertanian yang menggandeng TNI AD semakin serius dalam upaya upaya untuk mewujudkannya.Seperti yang terlihat di Kabupaten Lamongan,Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menyerahkan bantuan alsintan berupa mesin pompa air Brigade kepada Kelompok Tani. Kegiatan tersebut di gelar di Lapangan Apel Makodim 0812/Lamongan, Rabu (12/06/2024).

Bantuan mesin pompa air Brigade yang berjumlah 100 unit ini diserahkan kepada kelompok tani sebagai bagian dari upaya mendukung pasokan air irigasi di lahan pertanian pangan, khususnya di lahan tadah hujan yang ada di Kabupaten Lamongan.

BACA JUGA :
Elemen Pemuda di Tikung Dapat Pelatihan dari Babinsa

Hadir dalam acara tersebut antara lain Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P., M.Han. selaku Dandim 0812/Lamongan,Para Pasi Kodim 0812/Lamongan,Danramil dan PJ. Danramil jajaran Kodim 0812/Lamongan,Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Lamongan ,Perwakilan Babinsa Kodim 0812/Lamongan serta Perwakilan Kelompok Tani yang mendapat bantuan.

Dalam sambutannya pada saat memimpin apel gelar pendistribusian bantuan pompa air,Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,berharap dengan adanya bantuan pompa air ini dapat meningkatkan lahan-lahan agar lebih produktif dan menghasilkan hasil pertanian secara maksimal. Dengan adanya pompanisasi ini juga diharapkan dapat merubah lahan tidur menjadi lahan yang produktif.

“Para Petani ini memiliki peran yang sangat luar biasa, yang memiliki pekerjaan di bidang pertanian, sebagai penyangga tatanan negara Indonesia yang telah dicetuskan Bung Karno pada tahun 1952. Diharapkan para Petani harus kuat dan solid, sehingga kita dapat mewujudkan suatu Negara yang makmur, sejahtera dan aman” ujarnya.

BACA JUGA :
Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan Lakukan Ziarah

Pria yang pernah menjabat sebagai Danyon Armed 8 ini juga menyebut bahwa Kodim 0812/Lamongan hadir di tengah para Petani untuk membantu kebutuhan para Petani dan bersinergi bergandengan tangan untuk menghasilkan produksi kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Lamongan.

“Para petani agar bekerja secara ikhlas untuk mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia sesuai dengan perintah Presiden RI untuk menghasilkan hasil pertanian khususnya beras yang berkualitas” pungkas Dandim.

BACA JUGA :
Babinsa Jambesari Dampingi Petani Lakukan Penjemuran Padi Pasca Panen

Sementara itu, Abdul Aziz, Ketua Kelompok Tani ‘Karya Makmur’ Desa Pasi Kecamatan Glagah menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas keseriusan Kementerian Pertanian dan TNI AD dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan Nasional.

“Kami sebagai Petani tentu mengalami kendala kendala dalam proses penanaman sampai panen, mulai dari kelangkaan pupuk sampai sulitnya dalam irigasi. Namun Alhamdulillah dengan adanya bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian dan TNI AD, kami yakin masalah tersebut akan teratasi” ujarnya