TNI

Kodim 0812 Lamongan Gelar Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba, Begini Pesan Pentingnya

Editor PB
×

Kodim 0812 Lamongan Gelar Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba, Begini Pesan Pentingnya

Sebarkan artikel ini

Lamongan, PORTALBANGSA.CO.ID – Kodim 0812/Lamongan Gelar Sosialisasi dan Tes Urine Dalam Rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba

Lamongan,-Sebagai bentuk pencegahan dan upaya perang terhadap narkoba, Kodim 0812/Lamongan menggelar sosialisasi dan tes urine bagi Personel Militer maupun PNS. Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kadet Soewoko Makodim 0812/Lamongan,Senin (24/06/2024).

Sosialisasi dan tes urine yang rutin diadakan tiap semester ini merupakan wujud nyata Kodim 0812/Lamongan dalam berkomitmen untuk pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) terutama di lingkungan TNI.

BACA JUGA :
Koramil Modo Turun Tangan Lakukan Penanggulangan Tanggul Jebol

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut wira Purbawan S.I.P.,M.Han., dalam sambutannya menyampaikan beberapa penekanan terkait penyalahgunaan narkoba bagi Anggotanya. Antara lain bahwa pentingnya menjahui narkoba, baik menggunakan atau memperjual belikan, karena sanksi yang diberikan pastinya berat baik secara moril maupun didepan hukum.

“Jangan sekali kali terlibat dalam lingkaran hitam narkoba,baik memakai maupun mengedarkannya” ujar Dandim.

BACA JUGA :
Bukti Nyata Sinergitas TNI-Polri di Lamongan Melalui Jumat Sehati dan Jumat Curhat

Dirinya menambahkan bahwa cara untuk menghindari jerat narkoba adalah menambah pengetahuan tentang dampak buruk narkoba serta konsekuensi yang ditanggung apabila terlibat di dalamnya.

“Sayangi keluarga kalian dengan mengatakan “Tidak!!” Pada narkoba. Narkoba merupakan zat yang sangat berbahaya,sehingga pentingnya kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan kita tentang dampak buruk narkoba” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. Dani Anggara sebagai Pemateri menyampaikan bahwa dampak negatif narkoba bisa bermacam macam. Antara lain dapat menurunkan kesehatan serta kecanduan yang menyebabkan kriminalitas dan juga tindak kejahatan lainnya.

BACA JUGA :
Patroli Sahur Polres Lamongan Berhasil Gagalkan Pengiriman Miras Asal Grobogan

“Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan yang bersifat adiktif serta dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental pada penggunanya jika disalahgunakan.Obat-obatan tersebut memiliki senyawa dan peruntukannya masing-masing. Maka dari itu, obat-obatan tidak boleh digunakan secara sembarangan tanpa pengawasan dokter.Jika disalahgunakan, bukan hanya kecanduan, nyawa dari penggunanya pun dapat terancam” ujarnya.