Pemerintahan

Pj.Bupati Bondowoso Tegaskan Dukung Program Berbasis Pesantren, Ada Apakah?

Editor PB
×

Pj.Bupati Bondowoso Tegaskan Dukung Program Berbasis Pesantren, Ada Apakah?

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Pj Bupati Bondowoso Muhammad Hadi Wawan Guntoro menegaskan bahwa santri harus memiliki peran dalam menguatkan ekonomi umat. Menurutnya, pemerintah daerah akan mendorong santri di lingkup pesantren untuk mengembangkan sektor usaha produktif.

Hal tersebut disampaikannya usai Apel Peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso, Selasa (22/10/2024).

” Banyak contohnya sekarang ada air mineral segala macam itu berbasis pesantren. Makanya kita dorong bahwa pesantren harus ambil bagian untuk membangkitkan ekonomi umat, ” katanya.

BACA JUGA :
Babinsa Posramil 0822/14 Botolinggo, Wujudkan Ketahanan Pangan

Menurutnya, sesuai dengan tema peringatan HSN yakni menyambung juang merengkuh masa depan, para santri juga harus dapat mengawal teknologi yang terus berkembang. Pesantren harus menjadi bagian bagaimana mengawal teknologi agar berdampak positif dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA :
Dukung Program Pemerintah, Babinsa Kodim 0822 Dampingi Penyaluran Ba- Ngan

” Tidak hanya dalam konteks ibadah, dalam konteks melaksanakan kegiatan-kegiatan di pesantren pendidikan, tapi juga pemberdayaan umat, ” lanjutnya.

Menurutnya, Bondowoso termasuk daerah yang memiliki kultur santri sangat kuat. Sehingga pemerintah daerah akan mendorong semua program-program yang berbasis pesantren.

” Jadi sebagaimana tema, tidak hanya sekedar mengenang tapi kemudian menyambung aksi yang harus dilakukan oleh semua santri, ” imbuhnya.

BACA JUGA :
Mayor Inf Teguh: "Program MMD, Suksesnya Sinergi Antara TNI, Universitas dan Masyarakat Bondowoso"

Dalam hal ini, tentu tidak hanya peran para santri. Akan tetapi dibutuhkan peran serta seluruh bangsa Indonesia agar saling bersatu dan bergandeng tangan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negara dan bangsa.

Dari pantauan di lokasi, ratusan peserta Apel HSN 2024 diikuti sejumlah kalangan mulai dari Forkopimda, siswa, ASN, TNI, Polri dengan mengenakan busana muslim.