Pemerintahan

Wabup Trenggalek Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Redaksi
×

Wabup Trenggalek Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sebarkan artikel ini

Trenggalek, PORTALBANGSA.CO.ID – Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara pimpin peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Minggu (1/10/2023).

Turut hadir dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini jajaran Forkopimda Trenggalek dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek. Kemudian menjadi salah satu bagian dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah pembacaan ikrar yang dibajakan oleh Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam.

Setiap tanggal 1 Oktober masyarakat di Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila yang merupakan upaya mengenang peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965. Momentum ini diperingati guna mengingatkan dan mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

BACA JUGA :
Tanggap Bencana, Polres Trenggalek Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir

Keteguhan Pancasila dengan berbagai upaya membelokkan ideologi bangsa menjadikannya pusaka yang diakui kesaktiannya sebagai dasar negara.

Sedangkan dalam ikrar yang dibacakan tertulis :

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

BACA JUGA :
Wabup Trenggalek Syah Natanegara Dukung Upaya Sosialisasi Bela Negara

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

BACA JUGA :
Polisi Tetapkan 12 Tersangka Pelemparan Rombongan Ziarah di Trenggalek

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2023, Atas Nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Sugianto)