Pemerintahan

Bentuk Kepedulian Pada Warga Terdampak Bencana Alam, Pj Bupati Bondwoso Salurkan Bantuan

Redaksi
×

Bentuk Kepedulian Pada Warga Terdampak Bencana Alam, Pj Bupati Bondwoso Salurkan Bantuan

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PORTALBANGSA.CO.ID – Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto, tinjau dan berikan bantuan kepada korban terdampak bencana angin puting beliung di desa Tamanan dan Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Bondowoso pada Selasa, (10/10/2023)

Dalam peninjauan kali ini, Pj Bupati Bambang Soekwanto didampingi Plh Sekda Bondowoso Haeriah Yulianti, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinsos P3AKB, Baznas, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bondowoso.

Setelah dilakukan asessmen, ada sejumlah rumah rusak di wilayah Kecamatan Tamanan dan Jambesari yang terdampak bencana hujan deras dan puting beliung pada Senin (00/10) kemarin.

BACA JUGA :
Tetapkan Lima Indikator Kinerja Makro RKPD 2025, Berikut kata Pj Bupati Bondowoso

Pj Bupati Bambang Soekwanto usai meninjau lokasi meminta kepada seluruh jajaran OPD terkait agar, segera mengambil langkah untuk pembenahan tempat tinggal korban terdampak bencana angin puting beliung.

“Saya minta kepada seluruh jajaran OPD terkait agar segera melakukan konsolidasi akibat terdampak bencana angin puting beliung,” ungkapnya.

Sementara, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bondowoso, Mahfud Junaidi memaparkan, jumlah total dari dua Kecamatan terdampak Bencana angin puting beliung berjumlah 30 rumah di Tamanan dan 11 rumah di Jambesari DS.

BACA JUGA :
Pemberian Remisi Umum Kepada Narapidana dan Anak Pidana Lapas Klas IIB Bondowoso

“Data tersebut berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop-PB) Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.

Disamping itu, karena cuaca tidak menentu dan rawan terjadi bencana, Kalaksa BPBD meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati.

Lanjutnya, masyarakat diminta agar tetap aktif dalam memberikan informasi kepada pemerintah baik, itu pemerintahan Desa maupun Pemerintah Kabupaten.

“Kejadian ini merupakan sebuah isyarat agar kita semua berhati-hati. Kita juga minta masyarakat agar tetap siaga dan selalu berkoordinasi dengan pemerintah, baik itu Pemerintah Desa, maupun Pemerintah Kabupaten,” paparnya.

BACA JUGA :
Pj Bupati Bondowoso Sepakati 50 % Anggaran Pokir Legislatif Diprioritaskan

Diketahui, dalam asesmen menentukan jumlah korban terdampak bencana alam di Tamanan dan Jambesari DS, ada perbedaan antara asesmen yang dilakukan pihak Kecamatan dan asesmen dari pihak BPBD Bondowoso.

Dalam menentukan jumlah korban tirhitung lebih banyak jumlah korban yang didata dari hasil asesment pihak Kecamatan.

“Asessment yang kami lakukan sudah sesuai kriteria penerima manfaat jika terdapat perbedaan nanti akan kami data ulang,” Pungkasnya.